Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Kemeriahan Wisuda Perdana Santri SMA Tahfizh Al Izzah dan Ujian Terbuka Hafalan Qur'an dan Hadits


SOFIFI (Hidayatullahmalut.or.id)
-- Wisudah Perdana Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an Hidayatullah Kusu-Sofifi berlangsung semarak dan penuh khidmat yang digelar di kampus putri Al-Izzah Hidayatullah Kusu-Sofifi, Desa Kusu-Garojou, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Ahad, 17 Dzulhijjah 1445 H (24/6/2024).

Acara Wisuda Perdana Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an yang sekaligus dirangkaikan dengan Ujian Terbuka Hafalan Al Qur'an dan Hadits ini turut disaksikan Kepala Cabang Dinas Provisi Maluku Utara, Djufri Kodja, S.Pd., M.Pd.

Tampak pula tamu undangan dari beberapa pejabat setempat, seperti Kapolsek Oba Selatan, Dandim dan perwakilan dari Korem serta Babinsa. Turut meramaikan acara tersebut, hadir juga Ibu-Ibu Majelis Ta'lim dan Komunitas Hijrah serta para orangtua santri.

Acara Wisuda ini menjadi momen istimewa, sebab dirangkaikan dengan Ujian Terbuka Al Qur'an dan Hadits Harian dan Arba'in bagi seluruh santri sehingga seluruh tamu undangan dipersilahkan menguji mereka para santri, dan alhamdulillah mereka dapat menjawabnya dengan lancar.


Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Al Izzah, Pondok Pesantren Hidayatullah Kusu-Sofifi, Dr. Iksan Gula, M.Pd, menyampaikan bahwa SMA Al Izzah meskipun sekolah baru namun telah menorehkan prestasi gemilang sehingga mendapat perhatian dan apresiasi dari pemerintah baik provinsi maupun pemerintah pusat (Kemendikbudristek).

"Alhamdulillaah, kami di Al-Izzah telah beberapa kali mengikuti event lokal dan nasional, seperti pada September lalu kami dapat juara 3 tingkat nasional pada event Literasi Baca untuk Numerik di Solo, Jawa Tengah," ungkap Iksan.

Lanjutnya, Iksan yang juga sebagai Instruktur Nasional IKM Indonesia Timur ini mengatakan bahwa atas perjuangan Tim Sekolah (Kepala Sekolah dan Guru-Guru), serta kolaborasi dengan Pondok Pesantren, SMA Al-Izzah mendapat dana BOS KINERJA.

"Alhamdulillah, baru satu-satunya sekolah di Maluku Utara yang mendapat kepercayaan Dana BOS Kinerja atas prestasi Kepala Sekolah, para guru dan siswa dari Kemendikbudristek," ujar Iksan.

Is menambahkan dan berharap serta mohon doa dari semua pihak, semoga SMA Al Izzah mendapat bantuan pembangunan RKB (Ruang Kelas Baru) dari Dikjar Provinsi Maluku Utara.

Di saat yang sama, dalam sambutannya Pimpinan Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an Al Izzah, Hidayatullah Kusu-Sofifi, Hi. Riyadi Poniman, S.HI, menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaan atas perjuangan semua pihak, baik dari sekolah terlebih anak-anak santri atas kesabaran dan keberhasilannya menghafal Qur'an dan Haditsnya lampaui target yang ditetapkan

"Syukur alhamdulillaah, terima kasih kepada semua pihak atas doa dan dukungannya sehingga prestasi sekolah dan anak-anakku di Pondok Al Izzah ini dalam proses belajarnya ilmu diniyah dan hafalan Qur'an dan Haditsnya sebagian melampaui target yang ditetapkan, serta prestasi sekolah yang mendapat apresiasi dari Pemerintah," ujar H. Riyadi.

Lanjutnya, ia menyampaikan apresiasi kepada Kepala Sekolah bersama timnya bersinergi untuk mengharumkan nama sekolah di provinsi Maluku Utara.

"Kami berkomitmen, insya Allah SMP-SMA Al Izzah sekolah integral berbasis pesantren ini akan menjadi Sekolah kebanggaan dan favorit di Maluku Utara. Aamiin," ujarnya penuh semangat.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas, Djufri Kodja, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasi penghargaan atas prestasi-prestasi akademik dan kepesantrenannya sehingga dapat berkontribusi dunia pendidikan di Maluku Utara.

"Saya sangat bersyukur, bangga dan bahagia melihat tampilan prestasi anak-anak santri di sini, walaupun sekolah baru akan tetapi luar biasa prestasi akademik terlebih hafalan Qur'an dan Haditsnya. Semoga terus konsisten dan sabar dalam menuntut ilmu, semoga berhasil," tuturnya Djufri.

Diketahui bahwa Santri SMA Al Izzah juga telah berhasil dalam Kompetisi Sains Literasi Nasional dan dengan nilai terbaik ujian ANBK Provinsi Maluku Utara. Demikian juga prestasi terbaik juara 1 tingkat nasional Kepala Sekolah SMA Al Izzah, Hidayatullah Kusu-Sofifi, Maluku Utara.  

Para orangtua turut berbahagia atas prestasi anak-anaknya di Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an Hidayatullah Kusu-Sofifi. Harapan mereka semoga Pondok dan Sekolah ini terus maju berkembang menjadi terbaik di Maluku Utara. Aamiin.*/Admin