Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Sambut Jum’at Berkah, tak disangka Anak-anak Rumah Qur’an banyak yang Hadir


Di bulan syawal ini kegiatan belajar mengajar di rumah qur’an sudah mulai aktif, namun belum banyak yang hadir mungkin karena  pasca libur ramadhan kemarin masih dalam proses penyesuaian.

Kemungkinan ada yang masih liburan di kampung halaman, juga ada yang masih dalam perjalanan pulang, maupun ada yang baru datang dari kampung mereka masing-masing.

Kemarin lusa, tepatnya diawal pekan hari jum’at bulan lalu, ada orang baik yang kerap memberikan jum’at berkah berupa makanan untuk anak-anak, perkiraan kami yang hadir sekitar 30an anak mengingat hari kamis sebelumnya tidak banyak yang hadir sebab pasca libur ramadhan.

Namun siapa sangka, ketika mereka mendengar berita hari ini ada Jum’at Berkah berupa makan bersama di Rumah Qur’an, seketika itu langsung banyak yang hadir, dan ternyata tidak seperti yang kami perkirakan, sungguh sangat antusias dan rasa senangnya begitu tergambar diraut wajah anak-anak.

Awal niat kami ingin membelikan makanan nasi bungkus dan air mineral, namun melihat kondisi mereka yang banyak, sementara hanya bisa menyediakan gorengan satu dengan air mineral satu gelas.

Dengan menu sederhana ini mereka sudah senang karena bisa makan bareng teman-temannya, yang terpenting ialah semua telah terpenuhi dan terbagi rata dibeberapa titik Rumah Qur’an binaan kami, yakni di Desa Acango, kec. Jailolo, Halbar dan kel. Ubo-ubo, kec. Ternate selatan, Maluku Utara.

Harapannya semoga jum’at berkah ini bisa diadakan tiap pekan, karena anak-anak telah merasakan betapa nikmatya makan ramai-ramai bersama teman-teman.

Insya Allah ini dapat menjadi motivasi mereka agar senantiasa semangat dalam belajar mengajar al-Qur’an bukan semata karena makanannya tetapi karena berkah jamuan program jum’at tersebut.


Makanan yang disantap akan mengalir dalam darah dan menjadi kekuatan anak-anak dalam membaca dan menghafal ayat-ayat Allah serta untuk berusaha mengamalkan isi kandungannya.

Selanjutnya kami haturkan Jazaakumullahu khoir kepada orang baik lebih khusus untuk Ibu Olla yang telah memberikan jamuan jum'at berkah ini buat anak-anak.

Semoga pahala yang didapatkan seperti aliran darah yang mengalir dalam diri mereka tanpa mengurangi pahala yang membaca dan mengamalkan al-Qur’an ini. Aamiin [depdiktrenhid.tte]