Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Tingkatkan Kualitas Guru, SMA Tahfizh Al-Izzah Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka


KUSU (Hidayatullahmalut.or.id)--Memasuki semester baru (genap), SMA Al Izzah mengadakan pelatihan kegiatan pembelajaran atau Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),(4-6/1/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang kelas SMA Al Izzah Hidayatullah Sofifi ini diikuti oleh seluruh guru-guru dan pegelola sekolah serta menghadirkan Instruktur dari Dikjar, Dr. Iksan Gula, M.Si sebagai Pengajar Praktik PGP A.8 Provinsi Maluku Utara.   

Workshop ini untuk mengenalkan Kurikulum Merdeka dan menyusun strategi pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan situasi dan kemampuan anak siswa/santri.

Instruktur IKM, Dr.Iksan Gula menjelaskan bahwa melalui pelaksanaan kurikulum merdeka ini, sekolah dapat menyesuaikan kebutuhan siswa, sehingga para siswa dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan diferensiasi. Dan, lulusan bisa mendapat bekal yang cukup untuk terjun ke tengah masyarakat kelak.


"Implementasi Kurikulum Merdeka ini, untuk proses pembelajarannya menggunakan pendekatan diferensiasi." Jelas Iksan.

Ia menambahkan bahwa ada ciri khusus pada pendekatan diferensiasinya. "Posisi diferensiasi pada kurikulum IKM ini adalah ditekankan pada capaian pembelajaran siswa berdasaarkan fase pertumbuhan anak," tutur Iksan.

Adapun kegiatan selama tiga hari tersebut, di hari pertama diajarkan tentang pengisian raport Kurikulum Merdeka, strategi pembelajaran, Cp, ATP dan TP. 

Pertemuan hari kedua, dilatih modul ajar, supervisi akademik dan micro teaching. Sedangkan di hari ketiga diajarkan tentang perekaman, pengeditan video megajar dan pembuatan link serta barcode video pembelajaran.

Semoga SMA Tahfizh Al Izzah Hidayatullah Sofifi semakin maju berkembang dan unggul dengan integral karakter. Aamiin.*/Admin