Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Pesantren Tahfizh Hidayatullah Bacan Sukses Gelar Khatmil Qur'an Santri


BACAN (Hidayatullahmalut.or.id)
-- Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Al Hidayah, Hidayatullah Bacan, Halmahera Selatan sukses melakukan kegiatan Khatmil Qur'an (khataman membaca dan menghafal Qur'an) oleh para santri binaan pada ahad, 16 Rajab 1445 H (28/1/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan kampus tercinta, Pondok Pesantren Hidayatullah Bacan, Desa Mandaong jalan Papaloang Kecamatan Bacan Selatan, tampak antusias turut hadir para orangtua santri dan tamu undangan lainnya.

Acara ini menghadirkan Pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Maluku Utara yang diwakili oleh Sekretaris Wilayah, Dr. Laode Ilman, Lc.,M.Pd, juga tampak hadir para pejabat pemerintah daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Menariknya, turut hadir pula tokoh publik, mantan Bupati Halmahera Selatan, Bapak Bahrain Kasuba yang sekaligus sebagai wali santri dan Dewan Penasehat Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Hidayatullah Bacan, dan ia bangga merasa bersyukur dengan amanah tersebut.

Dalam sambutan Sekretaris DPW Hidayatullah Maluku Utara, Ustadz Laode Ilman mengajak kepada semua pihak, baik dari jajaran pemerintah daerah maupun mitra dan simpatisan Pondok Pesantren untuk sama-sama mendukung pembangunan infrastruktur Pondok yang sedang berlangsung.

"Kami mengajak kepada kita semua, baik di jajaran pemerintahan maupun para mitra Pondok, dari unsur donatur dan simpatisan terlebih para orangtua wali santri. Mari sama untuk kolaborasi mendukung program pembangunan infrastruktur Pondok Pesantren Hidayatullah Bacan yang saat ini sedag mulai berjalan," Ujar Ilman.


Dalam kesempatan tersebut, Bapak Bahrain Kasuba pun menyambut baik atas ajakan dan himbauan tersebut dengan ikhlas, suka rela membantu 100 sak semen sebagai tahap awal dan akan terus berlanjut.

Sementara itu, yang mewakili Bapak Butapi Halmahera Selatan (Halsel), Staf Ahli Bidang Ekonomi dalam sambutannya beliau berkomitmen mendukung penuh pembangunan asrama santri. Beliau juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi ketua panitia pembangunan asrama santri

"Untuk pembangunan Pondok Pesantren ini kami siap membantu, nanti pihak Pondok segera masukkan proposalnya nanti saya kawal proposal tersebut di Pemda Halsel. Saya pun siap untuk  menjadi ketua panitia pembangunan asrama santri," tandasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan pun ikut hadir dalam acara tersebut dan ia sangat senang melihat perkembangan kegiatan di lingkungan Pondok Pesantren.

"Pentingnya lembaga-lembaga pendidikan keagamaan seperti Pondok Pesantren ini terus hadir dan menjaga silaturrahmi dengan kami di Kementerian Agama. Sebab kami mengira Pesantren ini sudah tidak aktif lagi, ternyata luar biasa kegiatan binaan anak-anaknya. Karena itu, ini akan menjadi perhatian kami atas bantuan-bantuan untuk Pesantren ini," Pungkas Kemenag.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan khatmil Qur'an ini diikuti oleh 10 santri putra dan santri putri sekaligus untuk suksesi program pembangunan infrastruktur pesantren Hidayatullah Bacan.

Ikut mensukseskan acara ini, para muhsinin, mitra dan para wali santri yang bersedia membantu perlengkapan acara serta konsumsi prasmanan. Semoga semuanya menjadi sedekah jariyah kelak dan Pondok Pesantren Hidayatullah Bacan semakin maju berkembang. Aamiin.*/Admin