Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Keseruan Lomba Memasak Santri Bina Salam Hidayatullah Subaim


SUBAIM (Hidayatullahmalut.or.id)
- - Dalam rangka kegiatan PORSAHID (Pekan Olahraga dan Seni Santri Hidayatullah) Pondok Pesantren Bina Salam, Hidayatullah Subaim, Wasile, para santri juga diikutkan kegiatan lomba memasak, (31/1/2023).

Lomba memasak tersebut dilakukan pada hari terakhir event perlombaan, 31 Desember 2023. 

Kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan kampus Hidayatullah Subaim ini diikuti oleh 51 siswa/santri dari berbagai kelas, dan terbagi atas enam group. 


Adapun jenis lomba memasak ini antara lain:  Ada yang memasak ayam krispy, ikan dasar bakar dabu-dabu mentah (sambal mentah dan sambal goreng), ayam bakar sambal goreng. 

Ada juga lomba memasak kolak, kue agar-agar, dan beberapa jenis lomba masakan lainnya. 

Kegiatan ini selain melatih keterampilan memasak bagi santri agar bisa saling membantu memasak di Pondok. 

Selain itu, juga bertujuan untuk melatih mereka agar termotivasi untuk membantu orang tuanya di rumah dan mandiri, 

Menurut Musyrif santri, Ust. Zainuddin bahwa, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjalin kekerabatan antara santri dan para guru/ustadznya serta terciptanya rasa saling tolong menolong, kerja sama dalam suatu kelompok. 

"Kegiatan ini dilakukan adalah untuk memeriahkan para santri seletah mereka full mengikuti ujian semester, sehingga perlu refreshing dan melatih keterampilan memasak mereka," pungkas Zain. 

Harapan kedepannya bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari anak-anak santri di tengah masyarakat seletah mereka selesai dari Pondok. 


Kegiatan berakhir pada siang, seluruh siswa telah menyelesaikan masakannya dan dewan juri siap untuk menilai pekerjaan mereka. 

Dan, pemenangnya adalah juara satu dari regu 1 dengan masakan udang krispy, juara 2 dari regu tiga dengan masakan ayam goreng krispy. Selanjutnya pemenang ketiga adalah regu 4 dengan masakan ikan bakar sambal mentah. 

Pada akhir kegiatan ini, para ustadz dan guru menyantap hidangan hasil lomba kreasi masak tersebut secara bersama-sama dengan para santri. Dan, sang para juara mendapat hadiah.

Semoga Pondok Pesantren Bina Salam selalu maju berkembang, aamiin. */Admin