Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Sambut Kemerdekaan RI dan Semarak Pra Silatnas, Hidayatullah Ternate Gandeng Pemkot dan Kodim 1501 Ternate Gelar Bersih-Bersih Pesisir


Ternate - Sambut kemerdekaan RI ke 78 yang dirangkai dengan semarak pra silatnas Hidayatullah tahun 2023, Hidayatullah Ternate gandeng Pemkot dan Kodim 1501 Ternate gelar bakti sosial bersih-bersih sampah disepanjang pesisir pantai pelabuhan mangga dua hingga pasar kota baru Ternate pada minggu (14/08/23).

Diawali dengan apel gabungan para santri baik putra dan putri, guru-guru mulai dari MI hingga SMA, pengurus DPW Malut, Mushida, Pemuda, SAR Hidayatullah dan BMH Malut serta anggota TNI dari kodim 1501 Ternate.



Kegiatan yang mengusung tema Wujudkan Ternate Kota Merdeka Sampah dibuka oleh Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf Jamet Nijo S.Sos ditandai dengan penyerahan alat kebersihan kepada perwakilan pesantren Hidayatullah. Dalam sambutan pembukaan, Kol. Inf Jamet Nijo, S.Sos menyampaikan apresiasi atas kepedulian para santri terhadap kebersihan lingkungan dan berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat terus berlanjut ke depannya.

Sementara itu, pada sambutan yang disampaikan oleh Dr. La Ode Ilman, Lc. M.Pd selaku Pimpinan Pesantren Tahfidz Qur'an Hidayatullah ( PPTQH ) Ternate menekankan pentingnya kebersihan dengan mengutip hadits tentang kebersihan adalah bagian dari iman.

Lebih lanjut Ust.Ilman menyampaikan bahwa kegiatan bersih-bersih ini adalah kegiatan yang diharapkan memberikan kesadaran pada seluruh masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah di sungai dan laut yang akan berdampak pada pencemaran lingkungan yang nantinya akan merugikan kita semua.



Dalam kesempatan terpisah, Ahmad Syaichu selaku ketua pelaksana baksos Hidayatullah memberikan keterangan terkait pelaksanaan kegiatan ini adalah merupakan agenda menyambut kemerdekaan RI ke 78 yang dirangkai pelaksanaan kegiatan semarak pra silatnas Hidayatullah tahun 2023.



Lebih lanjut Syaichu menjelaskan terkait jumlah relawan yang diturunkan dalam kegiatan ini berjumlah 230 relawan yang terdiri dari santri putra putri, para guru, pengurus DPW Malut, Mushida, Pemhida dan BMH ditambah dengan 30 an relawan dari anggota TNI Kodim 1501/Ternate. Taklupa dia menyampaikan terima kasih mewakili Hidayatullah Ternate kepada donatur, relawan dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.



Bersih-bersih sampah sepanjang pesisir pantai ini didukung pula oleh Dinas Kebersihan Ternate dengan menyiapkan 3 armada truck pengangkut dan dari kegiatan ini relawan berhasil mengumpulkan sebanyak 8 truck sampah yang selanjutnya akan dibuang di TPA. Admin