Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Gladi Bersih Simulasi ANBK SMA AL IZZAH Sofifi Berjalan Lancar


HIDAYATULLAHMALUT.OR.ID -- SMA Al Izzah, Hidayatullah Sofifi menggelar kegiatan gladi bersih simualis Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 selama 2 hari (21-22/8) di ruang kelas.

Kepala SMA Al Izzah, Ashar Abdul Ghani mengatakan bahwa ANBK merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yang diikuti oleh peserta didik kelas XI untuk jenjang SMA sederajat.

Sementara itu, Dr. Iksan Gula selaku Proktor ANBK SMA Al Izzah mengatakan bahwa peserta ANBK SMA Al Izzah Sofifi sejumlah 12 orang dari total peserta didik kelas XI yang ada dalam satuan kerja dan dipilih secara acak by sistem. 

"Sebanyak 12 peserta didik telah mengikuti gladi bersih simulasi ANBK selama 2 hari dan alhamdulillah berjalan lancar." imbuhnya  

Iksan juga menambahkan bahwa materi yang diujikan meliputi soal tentang literasi, numerasi, survey karakter dan survei lingkungan belajar. 

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan gladi ANBK ini adalah selain uji sistem dan server, juga melihat kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal literasi dan numerasi. 

Sementara manfaatnya, peserta didik menjadi pengalaman dan dapat bersaing dengan dunia luar serta bisa mengembangkan literasi dan numerasi setelah mereka selesai sekolah. 

"Setelah simulasi, peserta didik diharapkan tidak megalami kendala saat pelaksanaan ANBK utama yang digelar pada tanggal 28-29 Agustus 2023 mendatang," sambung Iksan.

Menurut Iksan, peran aktif seorang proktor sangat penting dan menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan gladi ANBK ini. 

Di saat yang sama, Ketua Yayasan, Muhammad Kamal juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan gladi ANBK tersebut.

"Jantungnya Assesment ini memang ada di proktor. Respon dan support dari proktor sangat menentukan keberlangsungan proses assesment ini. Alhamdulillah, dukungan yang kuat dari proktor inilah yang membantu SMA Al Izzah berhasil menyelesaikan assesment dalam 2 hari ini." Tutur M. Kamal.

Ia juga menjelaskan bahwa keterlibatan Pimpinan Pondok dalam mengatur dan mengkondisikan anak-anak santri/siswa, sehingga lebih efektif waktunya dalam mendukung kegiatan ini. 

"Apresiasi juga kepada Pimpinan Pondok Pesantren yang luar biasa memobilisasi dan mengkondisikan anak-anak santri/siswa sehigga lebih tepat waktu. Ini adalah team work yang baik, selamat dan terima kasih untuk semuanya." Ungkapnya

Semoga kegiatan gladi bersih ANBK ini menjadikan peserta didik SMA Al Izzah lebih siap dan berhasil dalam mengikuti ANBK utama pada tanggal 28-29 Agustus mendatang. Aamiin.* Admin