Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Depdiktren Hidayatullah Malut Gelar Daurah Pengasuh Asrama


Departemen Pendidikan dan Kepesantrenan ( Depdiktren ) DPW Hidayatullah Maluku Utara gelar kegiatan Daurah Kepengasuhan Asrama pada jum'at 25/08/2023 di Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Hidayatullah Putri desa Tahua Tidore Kepulauan.

Daurah kepengasuhan asrama yang diampu oleh kadeptren DPP Hidayatullah Ustadz Muhammad Syakir dan Komandan Pandu Hidayatullah Ustadz Syarif Daryono dengan mengusung tema menjadi pengasuh yang profetik dan profesional diagendakan berlangsung selama 3 hari sejak 25 hingga 27 agustus diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari pengurus pesantren, pengasuh santri dan para guru Hidayatullah se Maluku Utara.



Pada sambutan pembukaan kegiatan daurah kepengasuhan, Ustadz Nur kholis, S.Pd.I selaku ketua DPW Hidayatullah Malut menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengasah dan mengupgrade kemampuan pengasuh dan murobbi santri sehinggi memiliki bobot dan kemampuan bukan sekedar menjadi guru semata sesuai dengan konsep pendidikan Hidayatullah yaitu pendidikan integral berbasis tauhid ( PIBT ).

Sementara itu, dalam sambutan kadeptren DPP Hidayatullah Ustadz M. Syakir menyampaikan bahwa tema menjadi pengasuh yang profetik dan profesional selaras dengan amanat Pedoman Dasar Organisasi ( Hidayatullah ) yaitu menjalankan kegiatan pendidikan, dakwah, sosial ekonomi secara profetik dan profesional.



Lebih lanjut Ustadz Syakir menyampaikan 4 isu kepengasuhan yang sering dialami diantaranya rasio jumlah santri, kompetensi pengasuh, regulasi dan kesejahteraan pengasuh sehingga pada pelatihan ini berfokus pada peningkatan kompetensi para pengasuh antara lain Syakhshiah islamiyah ( kepribadian muslim ), kafaah tarbawiyah ( kemampuan membina )dan maharah idariyah ( skiil manajerial ).

Untuk diketahui bahwa kegiatan Daurah Kepengasuhan inu merupakan agenda kerja DPW Hidayatullah Maluku Utara yang semulanya dijadwal pada awal agustus lalu namun dikarenakan padatnya kegiatan sehingga baru dapat dilaksanakan dipenghujung Agustus 2023.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan daurah kepengasuhan ini, kualitas dan kemampuan para pengasuh di asrama pondok pesantren Hidayatullah se Maluku Utara dapat melahirkan pengasuh yang memiliki pelayanan yang semakin profesional nantinya. Admin







0 Komentar