Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Daurah Pengasuh Asrama Hidayatullah Maluku Utara Resmi Ditutup


Tidore - Bertempat di Pondok Tahfidz Putri Hidayatullah Desa Tahua Tidore Kepulauan, kagiatan Daurah Pengasuh Asrama yang digelar oleh Depdiktren Hidayatullah Malut secara resmi ditutup ketua DPW Hidayatullah Malut Ustadz Nurkholis, S.Pd.I.

Kegiatan yang telah berlangsung selama 3 hari sejak 25 Agustus lalu dihadiri oleh lebih kurang 80 peserta dari berbagai daerah di Maluku Utara dengan menghadirkan 2 instruktur yaitu KH. Syakir Syafi'i selaku Ketua Departemen Pendidikan dan Kepesantren ( Depdiktren ) DPP Hidayatullah dan Panglima Pandu Hidayayullah Kak Syarif Daryono.



Dalam sambutannya, Ustadz Nurkholish menyampaikan bahwa kegiatan daurah ini tidak hanya melibatkan tenaga pengasuh namun juga melibatkan unsur guru agar program tarbiyah unggulan Hidayatullah dapat lebih disinergikan antara keasramahan dan pendidikan formal yang ada utamanya dalam mentarbiyah santri.

Lebih lanjut beliau sampaikan terkait tindak lanjut dari kegiatan ini akan ada monitoring dan evaluasi sejauh mana penerapan materi yang diberikan selama 3 hari dikepengasuhan asrama.

Sementara itu, dalam sambutannya Kak Syarif menekankan terkait output yang diharapkan dari daurah ini dengan mengutip surah semoga Fathir ayat 32 yaitu Zholimun linafsihi (menzholimi dirinya sendiri), Muqtashid (sebagian menjadi penonton sebagian perencana) dan Sabiqun bilkhoirat (berlomba dalam kebaikan). Sebagai pengasuh yang profetik dan profesional beliau mengumpamakan jangan hanya sibuk mengejar satu kupu-kupu, tapi perbaiki tamanmu agar bunga tumbuh mekar sehingga ribuan kupu-kupu pun turut hadir.



Tak lupa pula sambutan dan ucapan terima kasih dari ketua Yayasan Pondok Tahfidz Putri Hidayatullah Tidore Ustadz Saleh Sukur, S.Pd atas kepercayaan Depdiktren Hidayatullah Malut melaksanakan kegiatan Daurah di Pondoknya.

Lebih lanjut Ustadz Saleh menyampaikan keseriusannya dalam mempersiapkan dan mengawal kegiatan daurah ini hingga beliau pun turut andil mengurus dapur demi menyiapkan sajian yang menarik untuk seluruh peserta. Hal ini beliau lakukan demi menghadirkan kepengasuhan yang bisa menjadi tauladan bagi santri baik dari segi ibadah maupun akhlak keseharian di asrama.

Kegiatan daurah kepengasuhan santri ini ditutup dengan ungkapan testimoni dari salah satu peserta pengasuh putri Pondok Tahfidz Qur'an Hidayatullah Ternate Ustadzah Yanti yang menyampaikan rasa bersyukur tak terhingga dapat mengikuti kegiatan ini sehingga menambah keilmuan tentang kepengasuhan dan juga mampu membentuk sinergi tim kepengasuhan yang profetik dan profesional di PPTQH Putri Ternate.

Untuk diketahui bersama acara daurah kepengasuhan santri ini terselenggara berkat kerjasama Depdiktren DPP Hidayatullah dan DPW Hidayatullah Malut serta di sponsori oleh Baitul Maal Hidayatullah ( BMH ) Maluku Utara. Admin