Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

MELAWAT PESANTREN TAHFIDZ QUR'AN PUTRI HIDAYATULLAH TIDORE

 


Berada di tepi pantai desa Tahua Tidore Kepulauan terdengar sahut-sahutan suara santri putri tahfidz qur'an Hidayatullah sedang menghafal dan murajaah bersama.

Kehehingan di lokasi pondok yang sesekali diwarnai deburan ombak semakin memberi kesyahduan bagi yang mendengarkan lantunan ayat dari para santri.

Berdiri di areal villa yang tidak begitu luas, wakaf pinjam dari H. Ibrahim Muhammad kadis pendidikan kota Ternate kala itu  yang juga merupakan  simpatisan Hidayatullah, pondok tahfidz qur'an ini telah beroperasi lebih kurang 2 tahun sejak didirikan tahun 2000 lalu dan telah berhasil melahirkan para penghafal qur'an yang membawa harum nama Maluku Utara di kancah MTQ tingkat Nasional.



Saat ini, pesantren tahfidz Qur'an putri Hidayatullah Tidore memiliki 70 an santri yang berasal dari berbagai daerah di Maluku Utara. Diampu oleh para pengajar berlatar belakang lulusan Yaman dan PTH, pesantren ini menerapkan program khusus yaitu kelas khusus penghafal qur'an dimana setiap santri diberi porsi jam menghafal qur'an lebih banyak dibanding ilmu lainnya serta yang menjadi spesial dari pesantren ini adalah setiap santri yang lulus akan menerima 2 ijazah yaitu ijazah pondok dan ijazah formal layaknya sekolah pada umumnya sehingga para santri nantinya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang setelahnya.


Sinergi 3 Sayap


Pesantren Tahfidz Qur'an Putri Hidayatullah Tidore  ini merupakan sinergi dari tiga pihak (sayap). Yaitu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini Dinsos,  Hidayatullah Ternate dan Mitra Zakat YPPH Ternate.

Oleh karena itu dalam waktu dekat Mitra Zakat YPPH Ternate juga akan menyampaikan ke masyarakat perihal peluang beramal sholeh untuk sama-sama mengangkat dan merealisasikan program strategis berkelanjutan  di pesantren ini.

Adapun program yang sebentar lagi akan dipromosikan ke masyarakat adalah pembangunan kampus pesantren di areal baru seluas 2 hektar dimulai dengan pembangunan masjid 2 lantai yang nantinya dapat menampung hingga 1000 jamaah.

Hal ini merupakan bentuk kerja nyata dalam rangka mewujudkan program Tidore sebagai kota santri yang sudah digaungkan sejak 2 tahun lalu.


Beberapa poin penting mengapa pesantren ini didirikan.


Pertama, Pesantren Tahfidz Qur'an Putri Hidayatullah Tidore merupakan solusi bagi umat dan bangsa khususnya di Maluku Utara dari seluruh kalangan keluarga baik yang kaya, yatim serta dhuafa yang mendambakan anaknya menjadi hafidzah Qur'an dan pendidikan akhlak juga intelektual yang memadai.

Kedua, Pesantren Tahfidz Qur'an Putri Hidayatullah Tidore akan memberi warna positif bagi warga sekitar dengan beragam layanan pendidikan tambahan bagi anak-anak sekitar, sehingga kultur belajar masyarakat bisa sama-sama dihadirkan.

Ketiga, Pesantren Tahfidz Qur'an Putri Hidayatullah Tidore  ikut menjalankan amanah konstitusi negara, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.


Berkah Bagi Warga


Banyak hal yang menjadi berkah bagi warga sekitar dengan kehadiran pesantren ini. Diantaranya setiap hari raya idul adha, pihak pesantren konsisten melaksanakan pemotongan hewan qurban. Begitupun dimomen ramadhan dan idul fitri, pihak pesantren senantiasa berbuka puasa bersama dan membagikan zakat bagi masyarakat sekitar.



Hal tersebut tentu berkah yang merupakan bagian dari skenario Allah untuk kaum Muslimin. Sekarang program telah berlangsung, pembangunan pesantren tengah berlangsung dimana lokasi pembangunan yang telah diratakan menggunakan alat berat dan dalam waktu dekat dilaksanakan peletakan batu pertama mengawali pembangunan masjid.

Tanggung jawab kita semua sekarang adalah mendukung dan mendoakan agar pembangunan dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga segera lahir generasi qur'an yang progresif beradab untuk masa depan umat, rakyat, agama, bangsa dan negara. Admin