Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Mahkota Mulia tuk Ayah dan Bunda


Menjadi seorang penghafal Quran adalah merupakan manusia pilihan yang diizinkan oleh Allah SWT untuk mengingat dan menyimpan ayat-ayat Alquran dalam memori otak mereka. Para penghafal Al Qur'an juga merupakan ahli Quran yang termasuk dalam keluarga Allah SWT.


Dalam beberapa keterangan ayat Qur'an dan hadits Rasulullah SAW, ada begitu banyak kemuliaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada para penghafal Qur'an. Salah satu kemuliaan tersebut adalah diberikannya mahkota untuk orang tua yang memliki anak penghafal Quran di akhirat kelak. Itulah salah satu kelebihan yang Allah berikan untuk para penghafal Quran.



Rasulullah SAW menjelaskan dalam sebuah haditsnya tentang penghafal Al Quran, yakni dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim).


Hadits Rasulullah SAW lainnya tentang seorang anak yang hafidz Quran yang adalah dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu… ” kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya, dan kedua orang tuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Quran.” (HR. Thabrani).



Begitu pula dengan penjelasan dari Syaikh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy dalam Kitab Fadhail Qur'an. Beliau menjelaskan berkah dari membaca dan mengamalkan Al-Qur'an adalah orang tua si pembaca akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya matahari itu berada di dalam rumah.


Dari paparan diatas, dapat kita baca begitu luar biasanya memiliki seorang anak yang hafidz Qur'an ini sehingga Allah SWT pun memberikan keistimewaan tiada tara. Itu baru satu dari sekian banyak keistimewaan hafidz Qur'an.



Mari kita wujudkan minimal 1 penghafal Qur'an lahir dari zuriah kita, sehingga kita digolongkan dalam keluarga Allah SWT Wallahu a'lam. Admin