Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Seberapa Penting Pendidikan Integral

Foto:Dok Hidayatullah Malut

Pendidikan di Hidayatullah dikenal dengan sistem pendidikan integral. Tentunya istilah pendidikan integral sudah lumrah di telinga setiap orang. Namun ternyata masih banyak dari kita hanya tahu sebatas istilahnya saja.


Sebuah pendidikan integral adalah pendidikan yang mecakup seluruh aspek ruang lingkup instrumen manusia. Pendidikan yang bukan sekedar mengembangkan dan mengeksplotasi aspek kognitif peserta didik, tapi juga aspek afektif dan psikomotorik.


Foto:Dok Hidayatullah Malut


Institusi sekolah bukanlah satu-satunya institusi penumbuhkembangan pengetahuan dan karakter, melainkan hanyalah satu dari sekian institusi yang memiliki peranan penting di dalamnya.


Selain dari sekolah, ada institusi lain yang wajib diperhatikan dalam pendidikan anak, yaitu keluarga dan lingkungan. Kecuali sekolah, keduanya tentu banyak menentukan karakter anak. Namun sangat disayangkan banyak yang masih apatis bahkan cenderung tidak peduli dengan keduanya. Padahal, keluarga dan lingkungan adalah hal prinsip untuk melahirkan anak yang cerdas dan sholeh.



Di dalam pendidikan integral, ketiga institusi yang berupa pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan lingkungan adalah sebuah kesatuan yang harus padu. Tidak lain agar semuanya saling mendukung dan melahirkan anak yang betul-betul terdidik karakternya.


Di sekolah anak sudah pasti banyak menerima ilmu tentang wajibnya shalat berjama’ah bagi setiap laki-laki yang sudah aqil baligh. Tindak lanjut dari itu adalah dukungan dari keluarga dan lingkungan yang mengajak anak untuk mengimplementasikan pengetahuannya tersebut.



Keluarga yang mendukung tentu akan mengajak sang anak untuk senantiasa sholat berjama’ah. Disini peran orang tua harus bisa menjadi tauladan bagi putra putrinya.


Contoh sederhana dari siswa SMP Ulul Albab Hidayatullah Ternate. Saat libur semester pun mereka tetap disiplin sholat berjama’ah. Sekolah libur tapi soal sholat berjamaah tetap terus berlaku. Sangat besar pengaruhnya karena kontrol keluarga dan lingkungan.


Itulah yang dinamakan pendidikan integral. Segala bentuk ruang lingkup kehidupan selalu ada kontrol dan pengawasan yang membangun karakter anak menjadi cerdas dan sholeh. Jadi, sungguh tidak bijak rasanya membebankan segala sesuatunya kepada institusi sekolah saja melainkan harus ada peran penuh dari keluarga dan lingkungan yang menjadi tauladan bagi anak. Wallaahu a’lam