Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Pengen Sehat ? Ayo Shalat

 


Shalat merupakan ibadah pertama yang diwajibkan oleh Allah SWT. Ibadah ini merupakan perintah yang diterima langsung oleh Rasulullah SAW tanpa melalui perantara, dalam peristiwa Isra' Mi'raj.

Sebagai ibadah yang paling dicintai Allah SWT, sgalat bukan hanya kewajiban bagi seorang muslim. Tetapi ada manfaat lain dari setiap gerakan sholat yang berdampak untuk kesehatan fisik dan psikis, lho.

Jika shalat dilaksanakan dengan benar, khusyu' dan tuma'ninah atau tidak terburu-buru, maka setiap gerakan shalat tersebut akan memberi energi positif baik bagi jiwa maupun raga.



Dalam penelitian yang dilakukan oleh banyak pakar sains dan kesehatan di dunia, ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari gerakan shalat. Nah apa saja manfaat tersebut ?


Manfaat Sholat untuk Kesehatan Fisik


1. Lancarkan peredaran darah

Mulai dari gerakan takbiratul ihram (berdiri dan mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya), rukuk, i'tidal, sujud, sampai tasyahud saat shalat membantu meningkatkan aliran darah secara keseluruhan di dalam tubuh.

2. Terapi Psikologis

Gerakan shalat membantu menenangkan jiwa. Gerakan yang lembut dan harmoni dalam shalat mampu merileksasikan tubuh.

3. Mencegah Pengapuran Tulang

Pergerakan sendi tulang saat shalat akan sangat membantu menjaga terjadinya pengapuran pada tulang.

4. Lancarkan Pencernaan

Duduk tasyahhud dengan bertopang pada satu kaki membuat relaksasi pada usus dan meningkatkan fungsi kerja hati.

5. Sehatkan Jantung

Gerakan shalat meningkatkan metobolisme tubuh yang secara keseluruhan menguatkan sistem cardiovaskular karena pada gerakan shalat ada olahraga yang lebih baik dari yoga.



Inilah beberapa manfaat gerakan shalat yang dapat membantu menjaga kesehatan kita serta masih banyak manfaat lain lagi yang bisa dirasakan oleh orang yang senantiasa menjaga shalatnya.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi keistiqomahan kepada kita semua sehingga bisa dan mampu menjaga diri kita tuk menunaikan shalat. Wallahu a'lam