Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Jangan Pernah Berhenti Berbagi


Pagi ini saya membaca sebuah artikel yang ditulis oleh Bang Imam Nawawi seorang aktivis dakwah online yang juga menjabat ketum Pemuda Hidayatullah. Sebuah artikel berjudul bantulah selalu orang lain. Sebuah artikel ringan tentang diskusi beliau bersama salah seorang penulis senior republika.

Dari judul tulisan beliau tentulah sudah dapat difahami maksud dari tulisan tersebut. Semua tentang pesan perbanyak membantu orang lain karena hidup kita pun terlalu sering dibantu oleh orang lain. Toh juga kita tahu bersama bahwa tangan di atas itu lebih baik dari tangan di bawah. Memberi lebih baik daripada menerima.



Sikap yang selalu mau membantu orang lain, adalah salah satu cara yang sangat indah untuk menata masa depan. Bisa jadi kita tidak tahu apa yang akan menjadi balasan ketika melakukan kebaikan atau membantu urusan orang lain. Yakinlah sekecil apapun bantuan kita, pastilah dibalas oleh Allah SWT.

Ketika kita berbagi sedekah harta misalnya. Jangan khawatir harta itu akan berkurang. Jika kita berbagi dengan ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu dan semua karena Allah, percayalah Allah SWT akan menambah serta melipat gandakan harta yang kita beri tersebut. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an bahwa:

مَن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Siapa yang melakukan suatu kebaikan, maka ia akan mendapatkan balasan 10 kali lipatnya.” (QS. Al-An’am: 160)

Ketika kita bisa menolong dan berbagi dengan orang lain, kita tidak cuma membahagiakan orang lain, tapi juga membahagiakan diri sendiri. Dengan berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan, itulah bukti kita mampu bersyukur.

Semoga kita adalah pribadi - pribadi yang senantiasa mempunyai rasa senang untuk berbagi. Kebahagiaan dalam hidup yang sesungguhnya adalah kebahagiaan dimana kita dapat berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Dengan berbagi kita akan memperoleh kenikmatan indahnya berbagi karena sebaik - baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Wallahu a'lam