Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Jamaah Umroh Gelar Buka Puasa Bersama Santri

 


Ternate - Senin 06/02/2023 menjadi hari spesial bagi Santri Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an Hidayatullah Gambesi. Agenda buka puasa bersama diselenggarakan tidak seperti biasanya. Selama ini buka puasa hanya diramaikan para santri semata, tapi kali ini suasana ramai dan meriah dengan hadirnya jamaah umroh yang dipelopori oleh rombongan dan keluarga besar Ibunda Hj. Zubaidah H. Hayat . 



Acara tasyakuran umroh diawali dengan Pembukaan kemudian tilawah Al Qur'an

dari santri yang dilanjutkan dengan sambutan  dari ketua rombongan jamaah umroh dan disempurnakan dengan persembahan hafalan  Al Quran dari cucu Bunda Hj. Zubaidah terkasih yang dirangkai dengan penyematan mahkota dan surban ke orang tua dengan sebuah harapan insya Allah merestui cita cita untuk menjadi hafizh Hafizhah 30 juz bersanad diiringi dengan doa bersama yang dipimpin oleh Syaikh Sameeh Ali Hateem.



Suasana ceria begitu tampak dari raut wajah para santri mengiringi acara ceremonial tasyakuran walimatul umroh yang dimulai setelah sholat ashar di Masjid Ahlu Shufah Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an Hidayatullah Gambesi.  Acara demi acara berlangsung khidmat dengan suasana penuh kebersamaan antara santri dengan rombongan jamaah umroh, hal ini menjadi bukti bahwa keberadaan Pesantren sudah menjadi populer dikalangan publik sehingga tidak hanya menjadi pusat pembelajaran ilmu agama bagi para santri, namun juga sebagai wasilah untuk saling berbagi. 



Melalui program berbagi ini, ada nilai-nilai pendidikan yang sangat luar biasa bagi santri tidak hanya mengajarkan sifat kedermawanan akan tetapi juga santri tercerahkan dengan pentingnya membiasakan diri untuk peduli dengan sesama. Karakter positif ini nampak pada santri yang ditandai dengan keseriusan mereka dalam mengikuti acara tasyakuran sejak awal hingga acara selesai dengan arahan dari Ustadz Syamsudin sebagai kepala kepengasuhan Pesantren. 



Arahan dari kepengasuhan menjadikan santri terus terkondisikan dengan baik sehingga menjelang berbuka puasa mereka tetap duduk rapi dengan shaf yang lurus mengitari menu buka puasa yang disumbangkan oleh jamaah umroh.  Menu buka puasa yang disajikan menjadi luar biasa bagi para santri karena berbuka dengan nasi kuning menjadi fenomena langka bagi mereka. 


Nasi kuning dalam kemasan styrofoam menambah semangat para santri seakan berlomba menghabiskan porsi masing-masing karena terdesak dengan waktu yang singkat antara berbuka dengan sholat magrib. Sholat magrib secara berjamaah menjadi rangkaian penutup acara tasyakuran umroh dan sholat semakin khusyu dengan bacaan imam magrib yang dipimpin langsung oleh Syaikh Samee Ali Hatem dari hadramaut Yaman dan beliau juga menjadi tim pengajar Qur'an di Pondok Pesantren Tahfizh Qur'an Hidayatullah Gambesi. 



Setelah sholat magrib para santri mendapatkan nasehat tambahan sekaligus motivasi dalam menjaga kesungguhan menghafal Al-Qur'an dari Syaikh Faraj Jouha yang berasal dari Libya. Beliau pertama kali hadir dan bertemu langsung dengan para santri di Pondok namun suasana sangat cair karena nasehat berbahasa Arab mudah dipahami oleh mereka dengan terjemahan dari Ustadz Imam alumni ma'had Ar Rayyah Sukabumi Jawa Barat dan saat ini juga menjadi tim pengajar bahasa Arab di Pondok. Redaksi