Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

MI dan SMP Al Abror Maba Gelar Ujian Terbuka Al Qur'an

 

Hidayatullahmalut.or.id, MABA -- Bertempat di halaman sekolah komplek Kampus Yayasan Pendidikn Al Abror Pondok Pesantren Hidayatullah Maba, Halmahera Timur, Sabtu (28/05), diselenggarakan Ujian Terbuka Hafalan Al Qur'an dan Hadits tingkat MI (Madrasah Ibtidayyah) dan SMP anggatan 8 dan 3, Al Abror Maba.

Kegiatan istimewa ini dihadiri oleh anggota DPRD Halmahera Timur, Bapak Hasanuddin, dari Kementerian, bapak iskal Ali, SH., Kepala Capat, bapak Abdul Rosid Hamidu, S.Ag, kepala desa, bapak Ahad Lolopang, tokoh masyarakat dan wali santri.

Ujian terbuka itu mengharuskan siswa/siswi melantunkan hafalan satu hingga tiga juz al Qur'an di hadapan khalayak.

Format ujian hafalan al Qur'an ini adalah siswa/siswi menjawab setiap pertanyaan dari para penguji atas ayat-ayat al Qur'an yang dihafal secara acak.Bahkan para orangtua siswa/siswi pun diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada putra/putrinya.

Kegiatan rutin tahunan ini diikuti sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari siswa MI 21 orang dan SMP 29 orang santri.

Para tamu undangan dan pejabat daerah yang hadir pada acara tersebut merasa sangat terharu dan bangga melihat tampilan dan prestasi belajar anak-anak didik di Pesantren tersebut.

Anggota DPRD mengapresiasi prestasi belajar para santri dan suksesnya pendidikan di Pesantren Al Abror, Hidayatullah Maba, Halmahera Timur.

"Saya sangat bersyukur dan bangga dengan prestasi belajar anak-anak kita di sekolah Pesantren ini. Mereka masih muda tetapi memiliki semangat belajar dan menghafal Qur'an yang luar biasa. Terima kasih kepada para guru, ustadz dan ustadzah yang sudah membimbing mereka di Pesantren ini. Demikian juga para orang tua, semoga kelak dengan bekal Qur'an, mereka sukses di masa depan", tutur Hasanuddin

Di saat yang sama, menurut Ketua Yayasan, ust.Yusuf Sunarko, S.Sos.I, event setiap tahun ini dalam rangka mengujji kemampuan para santri dan sebagai syiar dakwah Islam kepada masyarakat.

"Agenda tahunan ini untuk membuktikan kemampuan mereka menghafal al Qur'an di hadapan orangtua dan masyarakat secara langsung. Selain itu juga, sebagai syiar dan menambah semangat bagi siswa/siswi dalam menghafal Al Qur'an", ujarnya.*/Ibnu hanafi