Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate menerima dan menyalurkan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan wakaf tunai Anda kepada yang berhak. Informasi lebih lanjut hubungi WA Center +62 812-4852-7607

Al Izzah Sofifi Tuan Rumah Jambore Wilayah I Sako Hidayatullah Malut


SOFIFI – Yayasan Pendidikan Islam Al Izza Sofifi Pesantren Hidayatullah Kusu, Maluku Utara menjadi tuan rumah Jambore Wilayah (Jamwil) I atau perdana Pandu Sako Hidayatullah 2021, Jumat (24/12/2021).

Mengusung tema “ Berkhidmat untuk Maluku Utara Lebih Bermartabat”, kegiatan rutin tiap dua tahun sekali itu diikuti sekitar 250 peserta dari perwakilan sekolah di bawah naungan Pesantren Hidayatullah se-Maluku Utara. Mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/MA.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dewan Pegurus Wilayah Hidayatullah Maluku Utara, Pengurus Satuan Komunitas Pramuka Hidayatullah Maluku Utara, juga Dewan Murabbi Wilayah turut hadir mensupport kegiatan tersebut. 

Pengurus Sako Pramuka, Kak Rusli A. Trafannur, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya Jamwil perdana tersebut. 

“Saya sangat bersyukur, terharu dan bangga dengan kesolidan dan kerjasama Panitia dan seluruh pihak terkait, utamanya para pembimbing dan pendamping yang tidak kenal lelah mempersiapkan para santri atau siswanya masing-masing dalam kegiatan ini," kata Kak Rusli.

Demikian juga, lanjut Kak Rusli, apresiasi kepada tuan rumah Kampus Madya SMA Al Izzah Hidayatullah Kusu-Sofifi yang luar biasa pelayanannya. 

"Semoga menjadi amal sholeh untuk kita semua, aamiin," ungkapnya sambil terbatah-batah menahan haru.

Di saat yang sama Dewan Murabbi Wilayah Hidayatullah Maluku Utara, Ust. H. Riyadi Poniman menyatakan, bahwa Sako Pramuka Hidayatullah adalah bagian integral dari Gerakan Pramuka. 

"Karena itu, Jamwil ini merupakan bagian dari proses pembentukan karakter pelajar dan pemuda yang tangguh calon pemimpin masa depan bangsa," kata Riyadi.

Riyadi berharap, Sako Pramuka Hidayatullah harus menjadi wadah pembinaan berbasis kader bagi siswa dan santri Hidayatullah dengan tujuan untuk membentuk karakter disipilin, cerdas, dinamis, kreatif dan berakhlak mulia.

"Dan tak kalah penting juga diharapkan dalam kegiatan Jamwil ini adalah terbangunnya ukhuwwah sesama siswa dan santri," ungkap Riyadi.

Kegiatan Jamwil ini berlangsung selama empat hari (21-24/12) di Bumi Perkemahan Kampus Madya, Al Izzah Kusu, Sofifi, Hidayatullah Maluku Utara.

Seluruh peserta telah mengikuti beragam kegiatan yang dikemas kompetitif, edukatif, menantang dan penuh kekeluargaan, seperti Pandu Challenge PBB dan Yeluel Pandu, sandi, pionering, fine fox maupun lomba-lomba edukatif lainnya.

Meskipun diguyur hujan deras pada saat hari pertama kemah, akan tetapi semangat para peserta tidak pernah pudar. Ibadah shalat lima waktu dan sunnah tetap ditegakkan, wirid dan tilawah Al Qur’an pun tak ditinggalkan. Lihat foto-fotonya, klik di sini.*/Arief Ismail Hanafi